Jakarta / Konstruktif. id
Saat pandemi, kalangan menengah bawah sangat terpukul karena berbagai kebijakan pemerintah lewat PSBB.
Mereka yang bekerja serabutan, mengandalkan upah hariah, berdagang, dan pekerjaan lainnya ikut kena imbasnya karena sulit mencari nafkah.
Kabar baiknya, pemerintah memberikan token listrik gratis untuk masyarakat menengah ke bawah.
Kebijakan subsidi listrik berupa token listrik gratis dan diskon listrik diperpanjang hingga September 2020 mendatang.
Pengumuman tersebut disampaikan oleh Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati melalui konferensi online Senin (18/5/2020).
Keputusan ini diambil untuk membantu masyarakat kurang mampu dan rentang miskin di tengah pandemi virus corona atau COVID-19.
Sebelumnya pemerintah memberlakukan subsidi listrik ini hanya untuk tiga bulan mulai April hingga Juni 2020.
“Subsidi listrik untuk pelanggan 450 VA yang 24 juta dan 900 VA yang 7,2 juta rumah tangga yang subsidinya adalah dari mulai April sampai Juni diperpanjang sampai dengan September,” kata Sri Mulyani.
Seperti dilansir dari Kompas.com dalam artikel “Subsidi Listrik Diperpanjang hingga September 2020”.
Sri Mulyani juga memaparkan alokasi anggaran tambahan untuk masa perpanjangan berlakunya tarif listrik sebesar Rp 6,9 triliun.
Dengan demikian, alokasi anggaran untuk subsidi listrik tahun ini menjadi Rp 61,69 triliun.
Sebelumnya, tagihan listrik bagi pelanggan rumah tangga dengan daya 450 VA digratiskan selama tiga bulan.
Adapun untuk pelanggan rumah tangga dengan daya 900 VA subsidi mendapatkan diskon sebesar 50 persen untuk jangka waktu yang sama.
Bagi pelanggan listrik prabayar dapat mengklaim token listrik gratis melalui website www.pln.co.id atau WhatsApp PLN 08122-123-123.
Sementara bagi pelanggan pascabayar tagihan otomatis langsung digratiskan atau dipotong.
Sri Mulyani juga menyampaikan pemerintah akan memperpanjang waktu program bantuan sosial ( bansos) sembako Jabodetabek dan non Jabodetabek hingga akhir Desember 2020.
“Bansos sembako Jabodetabek dan bansos tunai non-Jabidetaek diperpanjang menjadi sembilan bulan hingga Desember,” jelas dia.
Awalnya bansos Jabodetabek berupa sembako senilai Rp 600.000 yang diberikan selama tiga bulan sejak April sampai Juni.
Sedangkan yang non-Jabodetabek berupa tunai Rp 600.000 per bulan selama tiga bulan.
Dengan perpanjangan waktu tersebut, maka besaran insentif yang diberikan pun ikut berubah di tiga bulan terakhir menjadi sebesar Rp 300.000 per bulan.
“Dengan perhitungan Juli-Desember menjadi hanya Rp 300.000 per bulan dari yang tadinya Rp 600.000 per bulan,” ujarnya.
Listrik Gratis Bulan Mei, Begini Caranya
PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya memastikan bahwa pelanggan yang masuk kategori bersubsidi dapat mengklaim token listrik gratis.
“Semua pelanggan bersubsidi yang dapat stimulus Covid-19 dari pemerintah bisa dapat semua,” ujar PLH SRM General Affairs PLN UID Jakarta Raya M Arief Mudhari, dalam keterangannya kepada Kompas.com, Jumat (15/5/2020).
Seperti dilansir dari Kompas dalam artikel ‘PLN Disjaya Pastikan Semua Pelanggan Bersubsidi Bisa Klaim Token Listrik’
Arief mengungkapkan bahwa di wilayah DKI Jakarta terdapat 108.551 pelanggan listrik prabayar yang masuk kategori subsidi.
“Yang dapat program token listrik gratis di Jakarta yaitu R1 450 sebanyak 45.860 pelanggan, dan B1 450 sebanyak 1.101 Pelanggan,” ungkapnya.
Sementara itu, terdapat 61.590 pelanggan R1 900 VA prabayar yang berhak mendapatkan potongan 50 persen.
Adapun untuk mendapatkan token gratis, pelanggan dapat mengaksesnya langsung melalui situs web dan WhatsApp resmi PLN.
Berikut cara mengakses token listrik gratis dan diskon yang dikutip dari akun Instagram PLN:
Melalui WhatsApp:
1. Buka aplikasi WhatsApp
2. Chat WhatsApp ke 08122-123-123
4. Masukkan ID pelanggan atau nomor meter, sesuai dengan petunjuk yang muncul.
3. Token listrik gratis akan muncul
4. Pelanggan memasukkan token listrik gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.
Melalui Website:
1. Buka alamat www.pln.co.id kemudian masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus covid-19.
2. Masukkan ID pelanggan atau nomor meter pada kolom pencarian dan identitas pelanggan yang tampil di layar.
3. Token listrik gratis akan ditampilkan di layar.
3. Pelanggan tinggal memasukkan token gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID pelanggan.
Cara Bedakan Pelanggan Subsidi dan Non Subsidi
R1/900 VA Subsidi:
1. Cek struk pembayaran sebelumnya.
2. Lihat pada kolom tarif atau daya.
3. Jika tertera R1, maka pelanggan berhak mendapat keringanan.
R1/900 VA Non Subsidi:
3. Jika tertera R1M, maka pelanggan tidak mendapat keringanan.
Tiga Layanan PLN Untuk Sampaikan Keluhan
Berikut sejumlah layanan yang bisa diakses pelanggan untuk menyampaikan beragam keluhan yang dialami.
1. PLN 123
Pelayanan PLN 123 dapat diakses dari berbagai metode, mulai dari telfon, sms, dan media sosial.
Penyampaian keluhan melalui telfon sangat mudah, anda harus melakukan hal dibawah ini.
Telepon PSTN : tekan 123 (tarif lokal)
Ponsel : tekan kode area, misalnya 021 kemudian tekan 123 (tarif provider)
Ada tiga layanan informasi yang tersedia setelah anda menekan 123 :
Tekan 1 : Layanan informasi tagihan listrik
Tekan 2 : Layanan pengaduan gangguan dan keluhan pelanggan
Tekan 3 : Layanan penyambungan baru, perubahan daya, penyambungan sementara dan layanan lainnya.
Melalui Email : [email protected] dapat mengakses layanan pengajuan penyambungan baru, perubahan daya, penyambungan sementara, informasi pelanggan, keluhan dan pengaduan pelanggan.
Melalui SMS (Pesan Singkat)
Ketik : INFO , kirimke 0838 8888 123
Melalui sms, pelanggan bisa mendapatkan layanan transaksi, gangguan dan keluhan.
Melalui Facebook lewat akun : PLN123Melalui facebook, pelanggan bisa melakukan pengajuan penyambungan baru, perubahan daya, penyambungan sementara, informasi pelanggan, keluhan dan pengaduan pelanggan.
Melalui Twitter akun : @pln_123Melalui twitter, pelanggan bisa mengakses informasi mengenai pengajuan penyambungan baru, perubahan daya, penyambungan sementara, informasi pelanggan, keluhan dan pengaduan pelanggan.
2. PLN Mobile
Aplikasi PLN Mobile telah diluncurkan sejak tahun 2016 silam.
Untuk layanan keluhan, pelanggan harus mendaftarkan diri disertai dengan id pelanggan PLN yang digunakan
Jika telah terdaftar, anda hanya perlu memilih pilihan “pengaduhan” lalu tekan “layanan pengaduhan”
setelah itu, anda bisa menjelaskan permasalahan yang anda alami ketika menggunakan layanan PLN
3. Virtual Assistant 123
Caranya cukup mudah, yakni:
1. Buka www.pln.co.id
2. pilih menu Web Korporasi PLN di bagian kiri.
3. Lalu pilih Virtual Assistant PLN 123.
Melalui menu ini, kamu bisa berkonsultasi dengan PLN dan pastinya cepat dijawab.(Grid Hits).
Discussion about this post